Friday, January 4, 2019

Spesifikasi Terkini Nokia Lumia 1020

712201315240PM_635_Nokia-Lumia-1020-db

Sejak awal kemunculannya, ponsel dengan kamera beresolusi tinggi menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Dan kian canggihnya teknologi membuat batas antara sebuah ponsel pintar dengan kamera digital kini kian tipis. Coba saja longok beberapa pabrikan ponsel yang terus berinovasi dengan menurunkan jagoan barunya berfitur pencitraan beresolusi tinggi sebagai senjata utamanya. Salah satunya adalah Nokia, yang kembali menghadirkan pentolan teranyarnya di keluarga Lumia berjuluk 1020. Ya, fitur imaging merupakan jurus pamungkas dari smartphone berbasis Windows Phone 8 ini, dimana kamera utamanya memiliki resolusi yang sangat tinggi, yakni mencapai 41 MP (pixel efektif 38 megapixel).

Resolusi super ini juga pernah dimiliki oleh pendahulu Lumia 1020, yakni PureView 808 yang masih berjalan di atas sistem operasi Symbian Belle. Berbagai peningkatan dilakukan Nokia untuk lebih mendongkrak kualitas kameranya, sepertii hadirnya fitur optical image stabilization (OIS), ukuran lensa Cari Zeiss yang lebih besar yakni 26mm dengan diafragma hingga f/2.2, serta lampu kilat ganda yakni jenis Xenon dan LED. Tidak ketinggalan, untuk lebih memberikan Anda keleluasaan dalam bermain pencahayaan, Nokia juga melengkapi Lumia 1020 dengan beberapa aplikasi bawaan yang menarik. Beberapa di antaranya adalah, aplikasi Pro Camera, Smart Camera, Nokia Glam Me Lens, PhotoBeamer, Cinemagraph, serta Creative Studio.

Hadirnya aplikasi Nokia Pro Camera, memungkinkan Anda dapat melakukan pengaturan seperti di kamera DSLR, mulai dari ISO, kecepatan rana, bukaan diafragma, dan masih banyak lagi. Sedangkan dengan aplikasi Creative Studio, kini Anda bisa mengedit atau menyunting hasil jepretan tanpa perlu repot-repot memindahkannya ke komputer. Bahkan, Anda bisa memberikan beragam efek make-up digital lewat bantuan aplikasi Glam Me Lens, agar hasil foto manusia dapat terlihat lebih cantik. Fitur unggulan lainnya adalah Anda dapat melakukan zoom 4x pada saat merekam gambar bergerak dengan kualitas full HD 1080p @30fps, dan 6x zoom jika kualitasnya diturunkan ke setingan 720p. Sedangkan untuk keperluan foto diri ataupun video call dan video chat, bersemayam kamera sekunder berkualitas 1,2MP di sisi muka perangkat.

Selain untuk memotret, gandi cellular juga mencoba kamera kedua tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video berkualitas HD 720p pada kecepatan 30fps. Selain itu, tersedia juga beberapa fitur pendukung standar lainnya, seperti auto atau manual focus, geo-tagging, face

merekam video berkualitas HD 720p pada kecepatan 30fps. Selain itu, tersedia juga beberapa fitur pendukung standar lainnya, seperti auto atau manual focus, geo-tagging, face detection, dual capture, dose-up, night portrait, dan panorama. Sayangnya, saat masuk ke menu kamera lewat tombol pintasan shutter release, dibutuhkan waktu sekitar 2 detik. Tampilannya sendiri terlihat begitu seksi berkat balutan material polikarbonat glossy. Konsep unibody yang diusungnya membuat Anda tidak bisa melepas batere, karena memang dirancang menyatu dengan tubuh perangkat. Kesan sebagai ponsel kamera begitu kuat terpancar dengan hadirnya sebuah bundaran lensa yang cukup besar di bagian punggung Lumia 1020.

Penempatan port dan slot sudah sesuai dengan posisinya dan terlihat cukup apik, sehingga menambah nilai estetika. Untuk sisi atas. Anda akan menjumpai slot kartu SIM jenis microSIM serta port audio jack berukuran 3,5mm. Sedangkan sisi sebelah kanan terkonsentrasi tombol untuk mengatur volume, tombol power yang juga dapat digunakan untuk mengunci layar, serta tombol pintasan untuk mengaktifkan kamera. Sementara itu, di sisi bawah perangkat bersemayam port microUSB yang bisa digunakan untuk mengisi ulang batere ataupun sharing konten, serta sebuah speaker. Di sisi muka, tepatnya di bawah layar, tersedia tiga buat tombol sentuh yang berfungsi untuk back, start, dan search. Sedangkan di sisi punggung perangkat bercokol kamera utama dan konektor wireless charging.

Bergeser ke sektor papan kaca. Pada bagian ini, Lumia 1020 sudah dipersenjatai dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci. Perkawinan antara teknologi AMOLED kapasitif dengan PureMotion HD+ ClearBlack Display membuat tampilan visual yang disajikan terlihat begitu hidup, tajam, dan jernih, serta responsif terhadap sentuhan maupun sapuan jari Anda. Ditambah lagi dukungan resolusi layar yang mencapai 768 x 1280 piksel dan kerapatan hingga 332 ppi, menonton video, browsing, dan aktivitas lainnya tentunya menyenangkan. Nah, untuk mencegah risiko tergores dari benda runcing ataupun kuku Anda, Nokia sudah melapisi layar perangkat ini dengan kaca tangguh besutan Corning, Gorilla Glass 3. Untuk menopang kinerjanya, bersemayam prosesor dual-core Qualcomm MSM8960 Snapdragon berkecepatan 1,5GHz dan RAM sebesar 2GB. Untuk sharing konten dengan perangkat lain, tersedia Bluetooth 3.0, NFC, dan microUSB v2.0.


Spesifikasi Lumia 1020

  • 130,4 x7l,4x 10,4 mm/l58gram
  • OS:Microsoft Windows Phone 8
  • LAYAR:4,5 inci, AMOLED kapasitif, res. 768 x 1280 piksel, miiltitouch, Corning Gorilla Glass 3, PureMotion HD+ ClearBlack display, 16 juta warna


OS Android 4.2 Jeily Bean, layar 5 inci, kapasitif multitouch
up to 10 fingers, res. 1080 x 1920 piksel, IP58 certified,
prosesor quad-core Qualcomm MSM8974 Snapdragon
800 2,2GHz, RAM 2GB, memori 16GB, microSD hingga
64GB, kamera 20.7MP & 2MP, HSDPA, WiFi. Bluetooth
4.0, NFC, microUSB 2.0, 144 x 74 x 8,5 mm, 17<5g, batere

Keunggulan Lumia 1020

Kamera beresolusi 41 MP dengan berbagai fitur menarik

Layar 4,5 inci AMOLED

Desain ramping dan bobot ringan

Prosesor dual-core Qualcomm MSM8960 Snapdragon 1,5GHz dan RAM 2GB

0 comments:

Post a Comment